Ahlan wa Sahlan Sahabat FSI Al-Biruni..

ONE HEART #1




Ini adalah sedikit catatan ilmu saat saya mengikuti "One Heart", acara yang diadakan oleh Departemen Kaderisasi FSI Al-Biruni FT UNJ. FSI Al-Biruni adalah sebuah Lembaga Fakultas Dakwah yang bertempat di Fakultas Teknik, UNJ. 

Hari itu, kami akhwat2 dan ikhwan2 Fighter, mengunjungi sebuah taman perkemahan yang ada di Ragunan (Buperta Ragunan), yang wilayahnya di Jakarta Selatan. Beralaskan rumput hijau, udara yang sejuk, juga sinar matahari yang hangat, kami duduk bersama mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh mantan Ketua FSI Al-Biruni angkatan 2007 (Kak Roni). 

Hem, karena saya datangnya terlambat, karena berangkat sendiri langsung dari rumah, jadi saya hanya mendengar sedikit ilmu yg ada. Tapi, mudah2an bermanfaat ya sob.. :)

Ini nasihat2 dari beliau..

1. Cukuplah kita menjadi ARTIS AKHIRAT. Artis yang mudah2an dikenal Allah, dikenal Rasulullah. Tak mengapa jika di dunia kita tak terkenal layaknya para artis. Tak mengapa juga jika di dunia kita dianggap 'kerjaannya' ibadah terus, yang penting di akhirat nanti Allah mengenal kita. "Ooo..ini hambaKu yang taat beribadah, selalu salat Qiyamul Lail, selalu mengingat Aku dan selalu menyebarkan kebaikan kepada yang lain". Subhanallah ya, betapa senangnya jika Allah kenal dengan kita.. 

2. Dalam berdakwah, jangan memikirkan hasil. Tapi bagaimana cara kita agar membuat dakwah itu menarik. Tidak begitu2 saja. Misalnya, saat mentoring, tidak hanya materi saja, tapi juga sediakan games2 atau kegiatan2 yang menarik. Berusahalah semaksimal mungkin saat berdakwah, untuk masalah hasil,  serahkan saja pada Allah, karena itu urusan Allah.

3. Ucapan adalah cerminan hati. Jika kita ingin tahu karakter seseorang, dengarkanlah ucapannya saat spontan. Misalnya, sedang kepleset atau tersandung, ia mengatakan apa? yang baikkah atau yang burukkah? Karena takkan keluar susu, dari teko yang berisi teh. Jika hati seseorang itu baik, maka ucapannya pun akan baik.

4. Fokus! ketika kita sedang berada di suatu organisasi, jangan memikirkan organisasi (amanah) yang lain. Misalnya, sedang di FSI, memikirkan BEM. Nah, saat sedang di BEM malah memikirkan FSI. Ini terbalik. Fokuskan pikiranmu di satu tempat yang sedang kamu duduki. 

5. Jika sedang malas, lelah, atau futur.. Tanamkanlah kerinduan yang amat sangat untuk bertemu Allah nanti.. Ingatlah bahwa janji Allah itu pasti. Bangkitkan kembali semangatmu yang pernah membara.. 


Nufi Eri Kusumawati-Media Komunikasi Islam FSI Al-Biruni FT UNJ


Previous
Next Post »
0 Komentar