Ahlan wa Sahlan Sahabat FSI Al-Biruni..

Adab Makan dan Minum


1. Membaca basmalah sebelum makan & minum dan hamdalah setelah makan & minum
Dari Aisyah ra., dia menceritakan, Rosulullah SAW telah bersabda: “Apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaklah dia membaca basmalah pada permulaannya. Dan apabila dia lupa membacanya, maka hendaklah dia membaca ‘Bismillahi ‘alaa awwaluhu wa akhiruhu’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).”
2. Memulai makan dari tepi terlebih dulu
Dari Ibnu Abbas ra, Nabi SAW pernah bersabda: “Berkah itu turun dari bagian tengah makanan, karenanya makanlah dari tepi wadah makanan tersebut dan janganlah mengambil dari tengahnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
3. Tidak berlebihan dalam makan dan minum
Rosulullah SAW bersabda: “Anak Adam tidak mengisi tempat yang lebih buruk daripada perutnya. Anak Adam itu sudah cukup dengan beberapa suap yang menguatkan tulang punggungnya. Jika ia tidak mau (tidak cukup), maka dengan sepertiga makanan, dan dengan sepertiga minuman, dan sepertiga yang lain untuk dirinya.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Hakim. Hadis hasan)
4. Tidak meniup makanan & minuman yang masih panas
Dari Ibnu Abbas ra. Bahwa Nabi melarang bernafas atau meniup ke dalam minuman. (HR. Tirmidzi).
5. Duduk ketika makan dan minum. Rosulullah memerintahkan kita duduk ketika makan dan minum
6. Minum dengan 3 kali tegukan
Dari Ibnu Abbas ra. Menceritakan, Rosulullah SAW pernah bersabda: “Janganlah kalian minum dengan sekali nafas seperti minumnya keledai, tetapi minumlah dua atau tiga kali, dan bacalah bismillah jika kalian hendak minum, dan Alhamdulillah jika telah selesai melakukannya.” (HR. Tirmidzi)
7. Mengunyah makanan dengan baik dan tidak menyisakan makanan.
Rosulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya kalian tidak mengetahui di makanan kalian yang sebelah mana keberkahan itu berada.” (HR. Muslim)
8. Makan dan minum dengan tangan kanan. Karena syetan makan dan minum dengan tangan kiri.
Rosulullah SAW bersabda: "Hai anak muda, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari makanan yang dekat denganmu (pinggir)." (Mutttafaiq Alaih)

9. Tidak mencela makanan
10. Mendahulukan orang tua dan orang yang disebelah kanannya. Ketika makan bersama kita harus mendahulukan orang yang lebih tua, baru kemudian orang yang ada disebelah kanan kita.
11. Tidak melihat orang lain ketika sedang makan bersama karena hal ini bisa membuat orang tersebut malu pada kita, harus menjaga pandangan kita.
12. Tidak berbicara ketika makan dan minum, karena ini tindakan tidak sopan, dan Rosul SAW melarang tindakan tidak sopan ketika makan dan minum.
13. Makan menggunakan tiga jari, dan mengecilkan suapan.
Previous
Next Post »
0 Komentar