Ahlan wa Sahlan Sahabat FSI Al-Biruni..

Da'wah Kita Bukan Candaan

Bismillahirrahmanirrahim..

Da’wah adalah pilihan, bukan karena coba-coba atau ikut-ikutan. Da’wah adalah pergerakan, bukan berdiam diri ataupun memperkaya diri. Da’wah adalah amanah terbesar umat manusia yang kalian berada didalamnya. Tidak ada kata berhenti untuk da’wah, yang ada hanyalah para munafik yang tak mau merasa lelah dan terbatasi. Da’wah 

adalah seruan kebaikan, bukan da’wah jika didalamnya terdapat niatan keduniaan. Tidak ada ketakutan saat kita memiliki keyakinan, keyakinan terhadap janji Allah yang pasti akan terjadi.

Ikhwah wa akhwatfillah rahimakumullah..

Ada yang lebih kekal untuk kita tuju dari pada yang kita tuju saat ini. Ada yang lebih indah tak terkalahkan dari pada yang kita tempati saat ini. Ada yang lebih luas dan tak terbatas dari pada bumi ini. Yaitu Akhirat yang telah Allah janjikan akan kita tempati, baik kumpulan nar (api) panas ataupun kumpullan nur (cahaya) menyilaukan. Keyakinan terhadap akhirat merupakan bukti keyakinan kita kepada Allah dan kekuasaan penciptaanNya. Memilih akhirat sebagai tempat bernaung merupakan bukti kepatuhan kita pada Rasulullah dan sunah-sunah yang beliau contohkan.

Yaa Ayyuhal Ikhwah..

Apa yang sedang kalian lakukan saat ini, bermain dalam candaan penuh kedustaan. Tidak adakah keseriusan kalian dalam menghadapi tantangan zaman, melewati hari berlalu dengan kumpulan dosa yang berlipat. Wahai kalian yang masih berselimut, bangunlah dan sampaikanlah kebenaran. Ikhwah, da’wah ini sudah ada dalam genggaman kalian. Jika kalian lepas maka sekeliling kalian akan hancur dan musnah, jika tetap kalian pegang dan bertahan kalian akan kesakitan. Tugas kita berat ikhwah, bukan tugas dunia yang dapat terselesaikan dengan santai, bukan pula tugas yang dilakukan sendirian. Allah selalu ada untuk menemani kita, Malaikat akan selalu mencatat amal-amal kita, syaithan akan selalu menggoda kita dengan harta, tahta, dan wanita. Mereka syaithan tidak berhenti sampai pada titik kelemahan kita, hingga kita terjerumus pada keraguan.

Wahai kalian calon ibu dari anak-anak kalian..

Tugas kalian sangat berat, mendidik anak-anak kalian agar tidak tersesat, menjaga agar kehidupan selalu diisi dengan hati yang suci. Kalian adalah pencetak generasi para pemimpin masa depan, pemimpin kehidupan bernafaskan islam. Kalian adalah manusia perasa dan lemah hatinya, jagalah hati kalian dari para munafik-munafik da’wah. Janganlah kalian berharap dari mereka yang hanya akan membuat Allah murka dan bumi ini celaka. Janganlah kalian membicarakan sesuatu yang tidak memiliki manfaat, hiasi kehidupan kalian dengan amal ibadah. 

Tegurlah kami para ikhwah yang hanya membuat kalian geram dengan kelalaian mereka. Lakukan aktifitas da’wah fardiyah yang merupakan keahlian kalian. Tebarlah kebaikan sebanyak mungkin kepada para calon ibu yang lain, karena kita tahu kalian adalah manusia yang hebat yang tidak mudah berhenti. Jika sudah tertanam keyakinan pada diri kalian, kalian akan terus menjaga keyakinan itu sampai pada penghujung kekecewaan. Maka saling mengingatkan dan nasihat-menasihatilah dalam kebenaran dan kesabaran, kesabaran dalam ujian, kesabaran dalam ketaatan, dan kesabaran dalam menghadapi maksiat.

Wallahu’alam bishawab

Saya rindu ketaatan, saya rindu pergerakan, saya rindu semangat-semangat da’wah kalian. Janganlah melupakan fitrah da’wah, kembalilah dengan cara yang paling baik.

Teruntuk Al-Biruni..
Mari satukan tekad untuk terus bergerak, kehancuran terjadi karena terlalu banyaknya kita berdiam diri. Tak selayaknya fikiran dan hati kita terlabuhkan pada hal yang salah, jangan kotori amal kita dengan niat karena dunia.


Andry Muhayat-Departemen Syi'ar FSI Al-Biruni FT UNJ
Previous
Next Post »
0 Komentar