Ahlan wa Sahlan Sahabat FSI Al-Biruni..

Perpustakaan sekitar Jakarta

Libraries Around Jakarta

Nih ane kasih tau tempat hangout yang asik buat sahabat Biruni.. ^^


Perpustakaan Aksara

Perpustakaan  Aksara
 
Merupakan salah satu perpustakaan dari jaringan pustaka bersama di Indonesia, perpustakaan ini terbuka untuk umum dan memiliki beragam koleksi buku dari karya umum, ilmu terapan, philosophy & psychology, filsafat, agama, manajemen, sejarah, kesenian, literatur, ilmu sosial dan sastra. Buku yang ada disini hanya bisa dibaca di tempat. Tapi jangan khawatir, karena mereka menerima layanan fotokopi sehingga Anda masih bisa mendapatkan informasi yang diperlukan. Apabila Anda memiliki keperluan khusus, buku perpustakaan dapat dibawa pulang untuk jangka waktu tertentu tetapi harus sesuai dengan syarat-syarat tertentu.


Pustaka Aksara yang didirikan pada 27 November 1998 ini oleh Yayasan Aksara, menitikberatkan pada koleksi buku bersubjek hukum, korupsi, Politik dan ilmu-ilmu sosial. Hingga sekarang, Jumlah koleksi yang tersedia di tempat ini berkisar hingga 5000 koleksi. Bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan masyarakat dengan cara menyebarluaskan buah pikiran dan informasi yang bersumber pada buku, majalah, tulisan, laporan media, dan masih banyak lagi, Pustaka Aksara senantiasa mengembangkan koleksi mereka yang menitikberatkan pada mutu terbaik.


Pustaka Aksara, Jl. Arco Raya No. C1, Cipete Selatan. 021 759-05521/23. More Info:laura_vika@yahoo.com
Jam Operasional: Senin-Jumat 09.00-16.00 WIB.
Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional RI
 
Sebagai perpustakaan terbesar di Jakarta, perpustakaan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Pada tahun 1989 setelah penggabungan perpustakaan diadakan, secara resmi kompleks perpustakaan ini dibuka di Salemba dan terbuka untuk masyarakat umum. Jumlah koleksi yang ada di perpustakaan ini pada akhir 1999 diperkirakan mencapai lebih dari 1 juta eksemplar. Walaupun terbuka untuk umum, koleksinya bersifat tertutup dan tidak dapat dipinjamkan untuk dibawa pulang. Bagi Anda yang membutuhkan referensi khususnya bidang ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan, inilah tempat yang tepat. Selain itu, perpustakaan ini dapat diakses secara online, jadi dengan mudah Anda dapat mencari koleksi buku dengan sekali klik saja. Keistimewaan lain dari perpustakaan ini adalah lengkapnya manuskrip tentang sejarah Indonesia beserta foto-foto-nya. Anda juga akan menemukan koleksi lukisan karya Johannes Rach serta beragam koleksi video disini. Bagaimana dengan keanggotaannya? Sangat mudah. Anda hanya perlu datang mengisi formulir permohonan yang tersedia dan menunjukkan tanda pengenal asli yang masih berlaku. Semudah itu saja dan Anda akan mendapatkan 5 tahun masa keanggotaan.


Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat. 021 3101 411/ 3101 472 http://www.perpusnas.go.id, http://www.pnri.go.id. 
Jam operasional: Senin-Jumat: 08.00-16.00 WIB, Sabtu: 08.00-12.00 WIB.
Perpustakaan Kemendiknas
Perpustakaan Kemendiknas
 
Jika Anda sedang berada di kawasan Sudirman, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi Perpustakaan Kemdiknas atau yang akrab dikenal dengan Library@Senayan ini. Yang menarik dari Perpustakaan ini adalah sebagian besar koleksinya merupakan hibah dari Perpustakaan British Council Jakarta yang di tutup pada bulan September 2004. Jadi, koleksi buku import yang ada di perpustakaan ini bisa dibilang cukup lengkap, bahkan HOJ pernah menemukan buku Diary of Kurt Cobain disini. Terletak di Kompleks Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), tepatnya gedung A, perpustakaan dua lantai ini akan memanjakan pengunjungnya dengan puluhan ribu judul buku dari berbagai genre, ruang sirkulasi, katalog digital, lemari buku, ruang audio visual, ruang jurnal, ruang diskusi, ruang nonton film, ruang pertemuan, dan cafeteria. Sarana internet pun tersedia juga disini, tapi untuk mengaksesnya, Anda harus mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu. Untuk koleksi audio visualnya, perpustakaan ini dilengkapi dengan CD, koleksi film-film populer, film sastra klasik, film sejarah dan film-film documenter. Untuk menjadi anggota perpustakaan ini sangatlah mudah. Hanya dengan menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP), satu buah pas foto ukuran 2 x 3, mengisi formulir yang disediakan, dan kemudian membayar biaya sebesar Rp 5000 Anda sudah dapat mengakses segala fasilitas di perpustakaan ini.


Perpustakaan Kemdiknas Gd A Lt. 1 Departemen Pendidikan Nasional Jl. Sudirman (Sebelah Ratu Plaza). 021 5707870.Jam Operasional: Senin-Jumat : 9.00-17.00 WIB sabtu 9.00-14.00 WIB.
Perpustakaan Freedom
Perpustakaan Freedom
 
Mungkin beberapa dari Anda ada yang belum mengetahui adanya sebuah perpustakaan di bilangan Menteng yang sangat menarik. Perpustakaan Freedom, merupakan bagian dari Freedom Institute (FINS), yang sejatinya di dirikan dengan tujukan untuk mendukung ide-ide yang bersifat rintisan dalam bidang ilmu kemanusian secara luas. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan umum yang menyediakan koleksi buku pilihan dan bermutu dalam bidang filsafat, ilmu sosial dan sastra. Koleksinya mencangkup jurnal dan berkala ilmiah, baik dari dalam negeri atau luar negeri. Saat ini tidak kurang terdapat 10.000 eksemplar buku, 26.000 judul artikel jurnal dan 31 jenis majalah terbitan luar negeri , serta 14 jenis dari dalam negeri melengkapi koleksii perpustakaan ini.
 
Di perpustakaan ini Anda dapat menikmati fasilitas ruang baca perpustakaan yang nyaman, ruang diskusi, layanan internet yang dapat digunakan oleh pengunjung perpustakaan secara cuma-cuma serta fasilitas Wifi di area perpustakaan dan sekitar perpustakaan. Layanan lainnya adalah Information desk, Current awareness service dan Fotokopi (Layanan fotokopi dengan harga terjangkau serta menyediakan fasilitas pemesanan fotokopi via telepon, surat, atau e-mail).


JL. Proklamasi No. 41 Menteng, Jakarta. 021 3100349, 021 31909227 (Fax), 021 920 44 888 (SMS), perpustakaan@freedom-institute.org. http://www.freedom-institute.org/
Jam Operational: Senin-Jumat, 09.00-21.00 WIB. Sabtu-Minggu, 10.00-17.00 WIB. Hari besar nasional tutup.

Perpustakaan Arsip Daerah

Badan Perpustakaan Arsip Daerah (BPAD)
 
Dikenal dengan nama Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi (BPAD) DKI Jakarta, ternyata perpustakaan daerah ini sudah ada sejak tahun 1950. Dalam perkembangannya, perpustakaan dan arsip daerah ini memposisikan dirinya sebagai sumber informasi serta sumber belajar dalam upaya menciptakan masyarakat Jakarta yang cerdas, informatif, akuntabel, dan memiliki daya saing dalam menghadapi era globalisasi informasi.
 
Tempatnya yang berada di Jalan Cikini Raya nomor 73, Jakarta Pusat ditujukan untuk memfasilitasi warga Jakarta yang membutuhkan arsip atau dokumen baik lembar atau eksemplar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Perpustakaan ini memberikan fasilitas seperti layanan peminjaman buku, layanan internet, layanan audio visual, layanan paket buku (dropping) bahkan layanan bercerita pun disediakan. Aktivitas bedah buku dan temu pengarang juga dilakukan disini. Beragam koleksi buku yang disediakan perpustakaan daerah, diantaranya koleksi fiksi-nonfiksi, ensiklopedi, bibliografi daerah, serta surat kabar dan majalah yang terbit di ibukota ada disini. Tak hanya itu, koleksi sejarah dan budaya Jakarta pun lengkap dimiliki dalam bentuk buku, kaset, VCD, DVD sampai microfilm. Cukup dengan membawa lembar fotocopy KTP atau Kartu Pelajar/Mahasiswa serta Kartu Keluarga serta foto berwarna ukuran 2x3 cm Anda dapat mengakses dan menikmati fasilitas yang disediakan perpustakaan ini.
 
Jl. Cikini Raya No.73, Komplek TIM, Jakarta Pusat. 021 39128107. bpad@bpadjakarta.net. http://bpadjakarta.net/Jam Operasional: Senin - Minggu, 09.00 - 20.00 WIB. Hari libur nasional tutup.

“written by: Fauzya Harahap & Vanya Satiti”

http://hangoutjkt.com/students/213/Libraries-Around-Jakarta





Previous
Next Post »
0 Komentar